Rabu, 09 Maret 2011

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis

Fotosintesis dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis adalah sebagi berikut:
Konsentrasi karbondioksida di udara, semakin tinggi konsentrasi karbondioksida di udara, maka laju fotosintesis semakin meningkat.
Klorofil, semakin banyak jumlah klorofil dalam daun maka proses fotosintesis berlangsung semakin cepat. Pembentukan klorofil memerlukan cahaya matahari. Kecambah yang ditumbuhkan di tempat gelap tidak dapat membuat klorofil dengan sempurna. Kecambah ini dikatakan mengalami etiolasi, yaitu tumbuh sangat cepat (lebih tinggi/panjang dari seharusnya) dan batang dan daunnya tampak berwarna pucat karena tidak mengandung klorofil. Umur daun juga mempengaruhi laju fotosintesis. Semakin tu daun, kemampuan berfotosintesis semakin berkurang karena adanya perombakan klorofil dan berkurangnya fungsi kloroplas.
Cahaya, intensitas cahaya yang cukup diperlukan agar fotosintesis berlangsung dengan efisien. fotosintesi akan berlangsung maksimal jika lingkungan memiliki suhu optimal sekitar 150-3800C
Air, ketersediaan air mempengaruhi laju fotosintesis karena air merupakan bahan baku dalam proses ini
Suhu, umumnya semakin tinggi suhunya, laju fotosintesis akan meningkat, demikian juga sebaliknya. Namun bila siuhu terlalu tinggi, fotosintesis akan berhenti karena enzim-enzim yang berperan dalam fotosintesis rusak. Oleh karen itu tumbuhan menghendaki suhu optimum (tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi) agar fotosintesis berjalan secara efisien

    Sumber buku: Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VIII 2009

    7 komentar:

    1. Fredrika natashya (16)
      kelompok 2 kelas 8.4

      Saya ingin menambah kan sedikit, bahwa menurut http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/1988434-pengertian-fotosintesis/

      Dalam proses fotosintesis ada beberapa zat-zat yang diperlukan tumbuhan dalam proses fotosintesis
      Zat-zat mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan dalam fotosintesis ini ada 14 unsur, yaitu nitrogen,fosfor, belerang, potasium, kalsium,sedikit unsur besi, magnesium, tembaga, boron, klor, seng, kobalt, mangan, dan molibdenum.
      Jika unsur tersebut tidak terpenuhi, tumbuhan tidak dapat tumbuh secara normal.
      Dari peristiwa fotosintesis dihasilkan makanan berupa karbohidrat sebagai hasil utama dan oksigen sebagai hasil sampingnya.

      Terimakasih.

      BalasHapus
    2. makasi infonya :) bermanfaat,,

      BalasHapus
    3. makasih,infonya sangat bermanfaat....

      BalasHapus